Monday, July 16, 2018

Ziarah ke Makam Ulama Indonesia di Mekkah

Beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi ketika melakukan ibadah umrah di Mekkah dan Madinah. Tempat tempat ini bisa menjadi alternatif wisata religi bagi mereka yang sedang melakukan ibadah umrah di Madinah dan Mekkah Saudi Arabia.

Bila di Madinah ada Masjid Nabawi, di Mekkah ada Masjidil Harom. Bila di Madinah ada tempat di kabulkannya doa-doa yakni Raudlah, di Mekkah juga ada yakni Multazam. Bila di Madinah ada Baqi’ yakni lokasi pemakaman para pembesar Islam, di Mekkah juga ada, yakni Ma’la.

Di Ma‘la juga di kebumikan Istri Baginda Nabi Muhammad SAW yakni Sayyidah Khotijah RA. Luas Pemakaman Ma‘la tidak seluas pemakaman Baqi’ di Madinah yang luasnya 3x Lapangan sepak bola.

Di Ma‘la juga di kebumikan generasi sahabat Nabi. Para Ulama Besar salah satu diantaranya Sayyid Muhammad Alwi Al Maliki juga di kebumikan disini, beliau adalah Ulama berpengaruh yang banyak mencetak Ulama-Ulama di Indonesia, salah satunya mantan Ketua MUI Bondowoso Alm. KH. Muiz Turmudzi dari Tenggarang, Bondowoso.

Di Pemakaman Ma‘la terdapat makam seorang Ulama asal Indonesia yang masyhur di kalangan dunia pesantren yakni Syeikh Nawawi Al Bantani. Nama lengkap Beliau ialah Abu Abdul Mu’thi Muhammad Nawawi bin ‘Umar bin Arabi al-Jawi al-Bantani, ia adalah seorang Ulama yang dilahirkan di Kampung Tanara, Kecamatan Tirtayasa Kabupaten Serang, Banten, Jawa Barat, pada tahun 1230 H/ 1813 M. Ia masih punya hubungan nasab dengan Maulana Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati.

Kemudian dia wafat dalam usia 84 tahun, yaitu pada 25 Syawal 1314 H/1897 M. Ditempat kediamannya Shi’ib Ali Mekkah. Karya Monumental Syeikh Nawawi diantaranya adalah Kitab Nihayatuzzain dan Kitab Tafsir Munir.

Gus Maulana Ibrahim Al Khalil, pria asal Jember yang lama menjadi Pelajar di Mekkah menjelaskan “Syeikh Nawawi adalah Ulama Indonesia segenerasi dengan Syaichona Kholil Bangkalan Madura”. ujarnya.

Gus Maulana menambahkan “Dulunya banyak makam-makam di sebelah Syeikh Nawawi, namun sebagian besar sudah di relokasi karena terkena proyek pelebaran jalan raya”.

“Dalam sejarahnya, Syeikh Nawawi pernah menjabat sebagai Mufti atau Juru Fatwa di tanah suci perwakilan madzhab Imam Syafi’i”. Ujar Gus Maulana, Putra Pengasuh PP. MHI Bangsalsari, Jember.

Kini makam Syeikh Nawawi tidak terawat bahkan terbengkalai. Maka hanya kalangan tertentu saja yang mengetahui keberadaan Makam Syeikh Nawawi. Sesuatu yang unik di makam Syeikh Nawawi dulu ketika masih belum ada proyek pelebaran jalan raya adalah tanah makam Syeikh Nawawi di penuhi tumbuhan dan rerumputan yang hijau. Dari tumbuhan yang tersisa adalah tanaman Bayam di area makamnya.

Mubina Tour Indonesia adalah travel agent di Indonesia yang melayani ibadah umroh dan haji plus yang telah memiliki izin PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah) No. 98 Tahun 2017.

_____________________
Informasi umroh dan haji:

MUBINA TOUR INDONESIA
Jl. Jambangan No. 153 Surabaya
082338991192 (SMS/Telp/WA)




----- SILAHKAN SHARE ARTIKEL / INFO INI -----
Previous Post
Next Post

info umroh dan haji:

Mubina Tour Indonesia merupakan sebuah travel agent penyelenggara ibadah Umroh dan Haji Plus yang didirikan pada akhir tahun 2007. Izin PPIU No. 98 Tahun 2017 | Kontak: 0823 3899 1192 (SMS/PHONE/WA) Atau silahkan klik icon dibawah ini untuk menghubungi kami:

0 comments: