Thursday, September 20, 2018

Panduan Daftar Antrian Paspor Online Via Aplikasi

Panduan langkah demi langkah berdasarkan aplikasi Antrian Paspor di Android. Secara garis besar tata caranya sama persis dengan di website resmi https://antrian.imigrasi.go.id/

Langkah 1. Pantau Akun Twitter @ditjen_imigrasi

PENTING, supaya Anda tahu kapan saja Ditjen Imigrasi membuka kuota baru, termasuk periode tanggalnya. Biasanya mereka membuat pengumuman tersebut setiap hari Minggu pukul 5 sore. Bagi pemilik akun Twitter tak ada salahnya follow akun @ditjen_imigrasi supaya tak ketinggalan kabar terkini. Usahakan mengambil antrean sesegera mungkin setelah pengumuman kuota dari @ditjen_imigrasi keluar. Siapa cepat dia dapat!


Langkah 2. Install Aplikasi Antrian Paspor

Sambil menunggu pembukaan kuota antrean paspor oleh Ditjen Imigrasi, Anda juga dapat melakukan Langkah 2 s/d 5 di bawah ini secara paralel. Buka Google Play Store di Android lalu cari aplikasi Antrian Paspor. Install.


Langkah 3. Buat Akun Baru

Pendaftar baru akan diminta memasukkan user name baru beserta password. Selanjutnya Anda akan diminta menunggu email verifikasi/pengesahan. Jika dalam 1×24 jam tak ada email yang dimaksud, coba cek folder spam Anda.


Langkah 4. Isi Data

Setelah berhasil login, selanjutnya masukkan data Anda seperti:
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK) alias nomor e-KTP
  • Alamat email
  • Nomor telepon
  • Alamat rumah

Langkah 5. Tentukan Kantor Imigrasi

Sebagai pemegang e-KTP, Anda berhak memilih kantor imigrasi dimanapun di seluruh Nusantara dari Sabang sampai Merauke. Tapi supaya tak buang ongkos dan waktu sebaiknya pilih yang dekat dengan domisili.

Langkah 6. Pilih Jadwal

Langkah 6.1. Masukkan tanggal
Jika masih ada slot kosong langsung ke langkah berikutnya. Jika tidak, ulangi.

Langkah 6.2. Masukkan waktu
Silakan pilih pagi atau siang. Jika berhasil maka akan muncul tulisan Kuota Tersedia. Jika tidak, ulangi.

Langkah 6.3. Masukkan jumlah pemohon
Tiap aplikan bisa mendaftarkan hingga 4 orang (CMIIW). Hal ini berguna jika Anda hendak mengganti paspor bersama keluarga misalnya, terutama orang tua atau kerabat yang mungkin belum familiar memakai aplikasi Android. Selanjutnya masukkan data-data pemohon yang dimaksud.

Langkah 7. Simpan QR Code Anda

Jika proses di atas berhasil, sistem akan mengeluarkan QR code yang wajib Anda tunjukkan kepada petugas imigrasi pada saat penggantian paspor. Supaya memudahkan, screenshoot saja QR code tersebut dan taruh di folder yang mudah Anda temukan.

QR Code sudah di tangan, langkah selanjutnya tinggal mempersiapkan dokumen dan berangkat ke kantor imigrasi sesuai tanggal pilihan Anda.



----- SILAHKAN SHARE ARTIKEL / INFO INI -----
Previous Post
Next Post

info umroh dan haji:

Mubina Tour Indonesia merupakan sebuah travel agent penyelenggara ibadah Umroh dan Haji Plus yang didirikan pada akhir tahun 2007. Izin PPIU No. 98 Tahun 2017 | Kontak: 0823 3899 1192 (SMS/PHONE/WA) Atau silahkan klik icon dibawah ini untuk menghubungi kami:

0 comments: